en

Dalam Rangka Ujian Pascasarjana IKJ


admin - July 21, 2018 - 0 comments

Dalam Rangka Ujian Pascasarjana IKJ

#chefeffect #mencariide #kotak

Karya: Cik’im, Damar, Richard
Tanggal: Sabtu, 28 Juli 2018
Jam : 16.00 – 18.00 WIB
Tempat: Teater Luwes IKJ

. . . (titik titik titik) merupakan rangkaian tiga karya dalam satu pertunjukan teater, dalam rangka ujian penciptaan karya pascasarjana IKJ.

. (titik pertama) Bermula dari melakukan eksperimen make up karakter tiga dimensi yang menggunakan bahan dasar makanan , hingga pada akhirnya menemukan ide membuat bahan make up effect darah yang terbuat dari bahan makanan. Mengolah masakan dan dikolaborasikan dengan pengalaman belajar make up effect dan phobia darah, Membuat peristiwa terror yang secara spontan menciptakan narasi terhadap reaksi dari publik. #chefeffect

. (titik kedua) Seminar ini, membawa kegelisahan mencari ide menjadi cerita keseharian, bagaimana perjalanan mencari sebuah ide untuk menciptakan sebuah karya. Setiap peristiwa yang dipaparkan adalah pengalaman-pengalaman yang langsung dialami, dengan menyadari setiap aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Sampai sekarang saya menjelajah ke seluruh ruang untuk mengatasi segala persoalan diri sendiri, dan belum juga selesai #mencariide

. (titik ketiga) Kotak, adalah sebuah Pengamatan lingkungan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pengamatan kemudian berubah menjadi sebuah instalasi dan diteruskan dengan eksplorasi tubuh terhadap ruang instalasi. Proses eksperiment kemudian menghasilkan sebuah mini teater. Berawal dari kesadaran diri tentang rasa keterasingan terhadap sebuah lingkungan. Ruang kecemasan, tidak peduli, memilih untuk sendiri. Berjarak dengan keadaan, membuat dunia ini terasa besar dan menakutkan. Di luar kotak, segala kemungkinan dapat terjadi, tak ada yang pasti namun beradaptasi menjadi langkah untuk membuat segalanya lebih berarti. #kotak

Cik’im, Damar, Richard, adalah mahasiswa penciptaan pascasarjana IKJ yang sedang berproses dalam menyelesaikan sebuah karya akhir. Berlatar belakang seni teater, dan juga sebagai pengajar di S1 prodi seni teater IKJ.

Cik’im , selain menjadi pengajar, dia adalah salah satu pendiri grup dan sutradara teater Q yang merupakan grup teater realis yang muncul dari kampus IKJ. dia juga seorang expertise pada bidang tata rias khususnya make up special effect.

Damar, mendirikan grup teater bernama Standarmime pada tahun 2011, telah menuangkan ide-idenya melalui Standarmime yang menghasilkan karya-karya dalam bentuk pertunjukan teater. Juga seorang aktor teater dan sebagai musisi pada grup musik Badai Sampai Sore.

Richard, adalah seorang aktor, kesenangan dalam proses mengeksplorasi tubuh, membuat dia menjadi ahli dalam seni Pantomime. Tergabung dengan grup Teater Pantomime di Indonesia Sena Didi Mime, Richard telah mengekspresikan keaktorannya melalui karya-karya yang telah dipentaskan dengan grup Sena Didi Mime, yang sampai saat ini masih konsisten dalam menciptakan karya seni teater.

Related posts